Gandeng UNNES, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Wonosobo Perkuat Data UMKM

Tidak lama setelah ditanda tanganinya Nota Kesepahaman oleh Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum dan Bupati Wonosobo. Tim Kerja Sama segera bergerak cepat mengerjakan program program kerja yang sudah disusun dalam rencana kerja Nota Kesepahaman

Menindaklanjuti hal tersebut Wakil rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNNES, Dr Hendi Pratama MA menandatangani perjanjian kerja sama dengan Dinas perdagangan koperasi dan UKM Kabupaten Wonosobo tentang penguatan data base UMKM di kabupaten Wonosobo.

Kerja sama ini dalam hal pembuatan sistem informasi Pemetaan Keunggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Wonosobo. Tahun 2020, UNNES telah mengenalkan keunggulan Sistem Informasi Geografis (GIS) yang telah dikembangkan UNNES ke Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Wonosobo.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Wonosobo Kristyanto SH MM menyampaikan bahwa Wonosobo memiliki 60.000 UKM yang tersebar di 15 Kecamatan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah sangat kuwalahan dalam hal pendataan UKM.

Kristyanto menyampaikan, Pemkab mengharapkan peran Universitas dalam pengembangan Sistem Informasi. Dalam Hal ini UNNES dengan GIS (Geographic Information System) bisa memberi solusi dari permahsalahan.

“Sistem Informasi Gografis dalam Pemetaan Keunggulan UMKM di Kabupaten Wonosobo, sebagai salah satu strategi dalam akurasi pendataan UMKM di Kabupaten Wonosobo, sehingga data UMKM lebih akurat untuk meniminalisir adanya data yang sama dari Dinas lain serta untuk menghindari adanya data UMKM yang sudah tidak aktif,” tutur Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Wonosobo.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNNES menjelaskan Pemetaan Keuanggulan UMKM sangat penting sebagai data primer dalam penentuan kebijakan pemerintah daerah.

“UNNES akan mendukung dalam kerja sama Pemetaan UMKM di Kabupaten Wonosobo. Dan diharapkan program serupa bisa diaplikasikan oleh pemerintah daerah lainya,” Jelas Dr Hendi Pratama.

hadir dalam kegiatan ini Dr Walid MSi, staf ahli rektor dalam bidang kerja sama dalam negeri dan income generating. Beliau menyampaikan akan mengawal program tersebut karena ini sangat penting dalam kemajuan UMKM sehingga bisa dikenal oleh investor dari luar.