Berita


Webinar Internasional UNNES: Effective Strategies for Successful Partnership

Wednesday, 17 June 2020 | 14:16 WIB

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Webinar Internasional: Effective Strategies for Successful Partnership. Rabu (17/06) Pagi.

Kegitan dilakukan secara Daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung memalui Chanel YouTube UNNES dengan Narasumber Direktur SDM Pegadaian, Bpk. Moh. Edi Isdwiarto, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNNES Dr. Hendi Pratama,M.A, dan Atikbud KBRI di Kuala Lumpur Dr. Mukhamad Farid Makruf. Moderator Staf Ahli Rektor Bidang Kerja Sama Luar Negeri Lulu April Farida, S. Pd., M. Pd..

Dr. Hendi Pratama,M.A menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada narasumber dan peserta Webinar. UNNES memiliki komitmen membangun Kampus Merdeka melalui penguatan kerja sama dan implementasinya. Menurut Dr. Hendi Pratama,M.A, salah satu tujuan merdeka belajar adalah terserapnya lulusan Perguruan tinggi di Dunia Industri.

“Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama beserta Pimpinan UNNES menghaturkan terima kasih dan penghargaan atas arahan dan pencerahan narasumber serta peran aktif peserta pada Webinar Internasional UNNES: Effective Strategies for Successful Partnership. Alhamdulillah UNNES terus menoreh prestasi seperti Peringkat 14 Versi 41CU 2020 berada pada 10 Perguruan Tinggi Nasional terbaik, Peringkat 72 Asia Tenggara, Peringkat 120 Asia, dan Peringkat 6060 Perguruan Tinggi Dunia. UNNES sedang mengembangkan kurikulum kampus merdeka, mempersiapkan program magang mahasiswa, dan penyiapan menjadi LPTK rujukan,” kata Dr. Hendi Pratama,M.A.

lebih lanjut Dr. Hendi Pratama,M.A. menegaskan World class university merupakan suatu ukuran untuk meningkatkan peringkat suatu perguruan tinggi di dunia, Untuk mewujudkan world class university secara optimal, suatu Universitas harus mampu menempatkan diri sejajar dengan universitas – universitas terkemuka di dunia. ada empat pilar kunci pendekatan universitas kelas dunia, yaitu research quality, teaching quality, graduate employability, dan international outlook. International outlook dan research quality merupakan salah satu langkah yang sedang dijalankan oleh Universitas Negeri Semarang, dengan menjalankan international outlook maka akan mengetahui kekuatan kerja sama hubungan internasional dengan universitas lain di seluruh dunia, dan dengan research quality akan mengetahui indikator seberapa baik publikasi penelitian suatu universitas yang dilihat dari kualitas penelitian, banyaknya paper yang dipublikasikan.

Direktur SDM Pegadaian, Bpk. Moh. Edi Isdwiarto menyampampaikan perlunya pendidikan tinggi melakukan lompatan-lompatan implementasi di era New Normal untuk menciptakan inovasi (Future Practice), dan memiliki kreativitas dalam merespon keadaan.

Atikbud KBRI di Kuala Lumpur Dr. Mukhamad Farid Makruf memfokuskan bahwa perguruan tinggi perlu merubah mindset orientasi masa depan dengan Future Practice melalui keterampilan adaptasi pola pikir, kolaborasi, problem-salving serta inovasi, dan telnologi centric. Itu merupakan skil yang penting untuk menghadapi keadaan di masa Pandemi Covid-19.

Hadir pada webinar Akademisi, Mitra Kerja Sama UNNES dan Peserta Akademisi dari Luar Negeri.

Upload by: Arief Setiawan