Berita


UNNES Jalin Kerja Sama Dengan Dewan Pers

Monday, 20 May 2019 | 09:57 WIB


Untuk mengembangan kompetensi bidang pers dan menunjang pelaksanaan fungsi tridarma perguruan tinggi di bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat Universitas Negeri Semarang melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dewan Pers. Penandatangan dilakukan di kantor Dewan Pers Jakarta, kamis 16/5.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, tujuan dari penandatanganan nota kesepahaman UNNES dengan Dewan Pers untuk pengembangan kompetensi bidang pers, peningkatan kualitas SDM, penyediaan tenaga ahli, serta membina hubungan kelembagaan antara UNNES dan Dewan Pers.

“Ruang lingkup dalam kerjasama ini terdiri atas pelaksanaan fungsi tridarma perguruan tinggi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kontribusi Pers telah meningkatkan reputasi UNNES. Kabar atau berita tentang prestasi dan reputasi UNNES di tingkat nasional dan internasional tak lepas dari peran pers. Karena itu kerjasama dengan Dewan Pers cukup penting, dan mempunyai peran strategis,” kata Prof Fathur Rokhman.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mendorong UNNES untuk terus melakukan pengembangan bidang riset. Menurutnya UNNES memiliki potensi yang cukup besar menilik keberadaan kampusnya yang cukup representative untuk melakukan riset.

“UNNES dan Dewan Pers telah bersepakat untuk melakukan sinergi kerja sama yang lebih konkret. Selain studi pers, kegiatan-kegiatan penelitian juga akan dilakukan. Kedepan UNNES akan kami libatkan dalam penelitian Dewan Pers sehingga potensi luaran riset akan lebih meningkat,’’ ujarnya.

Prof Dr Agus Nuryatin MHum selaku Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Perencanaan mengungkapkan, melalui penandatangan MoU, UNNES dan Dewan Pers akan melakukan pelaksanaan program pengembangan atau peningkatan kualitas SDM, penyediaan tenaga ahli, penyelenggaraan seminar, lokakarya, atau diskusi kelompok terarah, pengembangan profesionalitas pers di lingkungan kampus dan lain sebagainya.

Hadir dalam kegiatan tersebut tersebut dari Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo (Ketua), Ahmad Djauhar (Wakil Ketua), anggota dan staff Dewan Pers. Dari UNNES hadir Prof Dr Agus Nuryatin MHum (Wakil Rektor IV), Kepala UPT Humas, Kabag dan Kasubag kerja sama,

Upload by: Arief Setiawan