Berita


Proses Permohonan Paspor Biru/ Paspor Dinas bagi Staf Pengajar/ Karyawan Unnes

Sunday, 25 December 2011 | 00:25 WIB
  1. Staf pengajar atau pejabat yang akan ke luar negeri mengurus surat tugas / surat yang terkait dengan rencana keluar negri dari PimpinanFakultas /Pimpinan unit kerja masing-masing.
  2. Permohonan ijin ke luar negeri tersebut ditujukan kepada Rektor/ Pembantu Rektor I dengan tembusan kepala Bagian Kerjasama. Kemudian Bagian kerjasama menindaklanjuti permohonan tersebut dengan cara membuat surat permohonan ijin/persetujuan keberangkatan  keluar negeri.
  3. Surat tersebut ditujukan kepada :
    Direktur  Ketenagaan
    Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
    Departemen Pendidikan Nasional
    Gedung Dikti lantai 5
    Jl. Jenderal Sudirman Pintu I SenayanJakarta 10270
  4. Persyaratan pengajuan Paspor Dinas antara lain :
    1. – Pasfoto ukuran 4×6 = 5 lembar (berwarna, pakaian nasional, latar belakang putih, tidak pakai tutup kepala kecuali yang berjilbab)
    2. – Foto copi Karpeg dan SK kepangkatan terakhir diligalisir
    3. – Daftar Riwayat Hidup (DRH)
    4. – Mengisi Form Permohonan Paspor Dinas Diplomatik dan Exit Permit
    5. – Menanda tangani surat Perjanjian
    6. – Mengisi Form A (Kepegawaian singkat)
  5. Tembusan surat tersebut ditujukan kepada  :
    1. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
    2. Kasubdit KPT Dit. P2TK2PT, Departemen Pendidikan Nasional
    3. Kepala Biro perencanaan dan Kerjasama Dirjen Dikti Depdiknas.
    4. Dekan Fakultas terkait
    5. Ybs
  6. Petugas dari Biro Perencanaan dan kerja sama luar negeri memproses surat dimaksud sesuai alur surat. Biro Perencanaan dan Kerja sama Luar Negeri bisa memproses permohonan tersebut setelah surat Jawaban dari Direktur Ketenagaan Departemen Pendidikan Nasional.
  7. Setelah surat ijin/persetujuan keberangkatan dari Direktur Ketenagaan terbit, petugas Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Depdiknas menerbitkan ijin keberangkatan tersebut termasuk mengurus Paspor Dinas, Surat ijin dari Setneg (Setkab), Visa dan pembebasan Biaya Fiskal ke Kedutaan masing-masing Negara tujuan.
  8. Pada tahapan ini petugas Bagian Kerjasama ada semacam Koordinasi untuk saling meminta dan memberikan informasi perjalanan proses dokumen keberangkatan tersebut. Apabila Bagian Kerjasama telah mendapatkan keterangan  bahwa dokumen dimaksud telah selesai diproses dan siap diambil,  petugas dari Bagian Kerjasama datang ke Biro Perencanaan dan Kerjasama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan Nasional untuk mengambil surat tersebut.
  9. Untuk pengurusan Izin Studi dan Kunjungan ke Luar Negeri, dapat mengisi seperti contoh dibawah ini. dan format  file bisa di download  disini.

Upload by: Badrus Siroj