Berita


Program Magang Mahasiswa Bersertifikat kerja sama UNNES, BUMN & FHCI Tahun 2020

Tuesday, 3 December 2019 | 12:32 WIB

Dalam rangka mempersiapkan dan meningkatkan kualitas lulusan UNNES untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0, UNNES melakukan kerja sama akdemik dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) tentang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) pada Kamis (22/11/2018) di Hotel Rinra Makassar.

FHCI merupakan forum para pegiat human capital khususnya di 142 badan usaha milik negara (BUMN).
Acara tersebut dilaksanakan pada akhir tahun 2018, dihadiri oleh Plt. Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama Drs. Heri Kismaryono, M.M., Kepala Bagian Kerja Sama BAKK Drs. Adhi Setyanto, M.Pd dan Kasubbag Kerja Sama Dalam Negeri Eko Setiyono, S.Kom.
Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor yang diwakili oleh Drs. Heri Kismaryono, M.M. dengan Herdy R. Harman, selaku Ketua Forum Human Capital Indonesia.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat dibagi menjadi 2 (dua) jenis pelaksanaan:

1. Magang Bersertifikat Kompetensi : Mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi Bidang (Posisi) yang menjadi persyaratan untuk menduduki posisi tsb selama 6 (enam) bulan, Peserta Magang akan melaksanakan Uji Kompetensi sesuai dengan Kompetensi Bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional. Apabila dinyatakan lulus, peserta akan mendapatkan Sertifikat Kompetensi.

2. Magang Bersertifikat Industri : Mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan Project yang diberikan oleh pihak Industri selama 3 (tiga) bulan, Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah di tentukan, yang kemudian di akui oleh pihak Industri dengan mengeluarkan Sertifikat Industri sesuai dengan Project tersebut.

Pada kesempatan yang sama, sebagai langkah awal pelaksanaan PMMB, UNNES telah mengirmkan 8 (delapan) mahasiswa dari Fakultas Teknik untuk melaksanakan Magang di Pusdiklat PLN selama 3 (tiga) bulan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 28 November 2018 s.d. 31 Januari 2019.

Untuk pelaksanaan PMMB pada tahun 2020, setiap Mahasiswa UNNES diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi PMMB di seluruh BUMN Se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Magang dilakukan pada tahun 2020 (Semester ganjil dan genap)
2. Seleksi Administrasi Peserta PMMB dilakukan Oleh UNNES
3. Match-Up antara Lowongan BUMN dengan Ketersediaan Peserta PMMB dari Perguruan tinggi dilakukan oleh FHCI
4. Mengisi formulir online pada laman DAFTAR ONLINE PPMB.
5. Mahasiswa aktif minimal semester 5
6. Bersedia melaksanakan Magang secara fulltime 6 bulan (Melaksanakan cuti kuliah bila tidak ada mata kuliah Magang)
7. IPK Minimal 3.0
8. Berkas lamaran meliputi:
a. FC Identitas Diri (KTP/SIM/KTM)
b. Curriculum Vitae (CV) dibuat semenarik mungkin.
c. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

#Informasi tambahan dari FHCI:
Jika mahasiswa kesulitan mendapatkan SKCK (karena alamat KTP dan domisili berbeda), dapat diganti dengan menggunakan Surat Kelakuan Baik yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi ybs. Surat Kelakuan Baik dikeluarkan oleh Fakultas masing2 (Wakil Dekan 3)

d. Pakta Integritas/Surat Pernyataan
e. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) jika kurang mampu
f. Transkrip Nilai
g. Surat Keterangan Aktif Kuliah
h. Sertifikat-sertifikat yang dimiliki
i. FC BPJS

Pendaftaran online dan pengumpulan berkas paling lambat tanggal 10 Desember 2020 pk. 11.00 WIB di Bagian Kerja Sama BAKK UNNES (Arief Setiawan, S.Kom. Kerja Sama Dalam Negeri)
Panduan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PPMB) dapat didownload DISINI.

Format Pakta Integritas dapat di unduh DISINI.

Upload by: Arief Setiawan