Berita


Perpanjangan Visa Kunjungan Sosial Budaya (VKSB) bagi Mahasiswa/ Dosen Asing di Indonesia

Sunday, 25 December 2011 | 00:20 WIB

Setelah orang asing datang di Bagian Kerja sama Unnes kita periksa dokumen yang bersangkutan, berapa lama/ sampai  mereka berada di Unnes.

Karena VKSB pertama  ini berlaku selama 60 (enam puluh hari) /2  bulan terhitung sejak orang asing tersebut masuk ke Indonesia. Setelah mereka datang di Unnes petugas bagian Kerja sama melaporkan keberadaan orang asing dimaksud kepada  Kantor kepolisian Wilayah Semarang (Bagian Pengawasan orang asing).

Sebelum masa berlakunya VKSB pertama tersebut berakhir orang asing yang ada di Unnes datang ke Bagian Kerja sama untuk melaporkan masa berlakunya ijin tinggal di Indonesia. Pengurusan  Perpanjangan ijin tinggal bagi orang asing yang ada di Indonesia/ Unnes  ini ada 2 cara.

  1. Bagian Kerja sama membuat surat permohonan kepada Kepala Kantor Imiograsi Semarang/ orang asing dimaksut mengurus sendiri ke Kantor Imigrasi setempat.
  2. Bagian Kerja sama membantu mengurus permohonan perpanjangan  ijin tinggal (VKSB) bagi orang asing tersebut sampai selesai.

Dalam hal ini biasanya orang asing tersebut meminta petugas dari Bagian Kerja sama yang mengurus perpanjangan izin tinggalnya sampai selesai. Untuk perpanjangan VKSB ini  ada 3 kali masing –masing berlaku 1
yang ke 2 dan seterusnya  orang asing tersebut tetap harus datang ke kantor Imigrasi, karena yang bersangkutan harus melakukan sidik jari di kantor imigrasi.

Apabila keberadaan orang asing tersebut berada di Indonesia /Unnes  lebih dari 3 (tiga) bulan maka yang bersangkutan harus mengurus ijin tinggalnya dari VKSB ke ITAS.
Proses ini memerlukan waktu sekitar  1,5 (satu setengah bulan) karena sampai Imigrasi Pusat Jakarta melaui Kanwil Imigrasi Semarang.

Upload by: Badrus Siroj