Berita


Penandatanganan MoU antara UNNES dan KBRI Afghanistan

Tuesday, 29 September 2020 | 08:07 WIB


Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Afghanistan dan Penandatanganan Implementation of Arrangement (IoA) antara UNNES dan Kedutaan Besar Afghanistan di Indonesia, Selasa (29/9).

Penandatanganan MoU ini berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan, penyelenggaraan program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, penelitian dan publikasi ilmiah, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), seminar, lokakarya, diskusi kelompok terarah, dan berbagai kegiatan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, sebagai universitas yang memiliki visi besar sebagai universitas bereputasi internasional, UNNES terus menjalin kerjasama kelembagaan dengan berbagai mitra baik di dalam maupun di luar negeri.

“Alhamdulillah, UNNES mendapatkan anugerah sebagai Perguruan Tinggi yang kental dengan praktik nilai-nilai ke-islam-annya, sehingga menjadi Perguruan Tinggi yang menduduki peringkat 1 dunia sebagai Islamic University versi 4ICU,” ungkap Profesor Sosiolinguistik tersebut.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Afghanistan His Exceleency (HE) Mayjen (Purn) TNI Dr Arif Rachman MD menyampaikan kebanggaannya dapat hadir di kampus UNNES.

“Saya bangga bisa berkunjung ke kampus UNNES. UNNES ini adalah kebangaan, salah satu kampus terbaik, bukan salah satunya tapi satu-satunya kampus terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, saya bangga jadi orang Indonesia,” papar Dr Arif Rachman.

Selain Duta Besar Republik Indonesia untuk Afghanistan, penandatanganan MoU dan IoA tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar Republik Islam Afghanistan untuk Indonesia His Exceleency (HE) Faizullah Zaki.

HE Faizullah Zaki menyampaikan kebanggaannya dapat bertugas di Indonesia dan mengenal banyak kebudayaan nusantara.

Bagi UNNES, pelaksanaan kerjasama kemitraan baik ditingkat nasional maupun internasional menjadi langkah nyata dalam menegaskan jati diri sebagai kampus bereputasi Internasional. Kedepan, UNNES akan terus meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama antar lembaga yang diharapkan mampu berdampak bagi pembangunan sumber daya unggul di kampus UNNES dan menjadi sumbangsih bagi masyarakat.

Upload by: Arief Setiawan