Berita


Gandeng PWI, UNNES Perguruan Tinggi Pertama Penyelenggara UKW

Tuesday, 27 February 2018 | 06:36 WIB


Bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi perguruan tinggi pertama yang menyelenggarakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Bambang Budi Raharjo mengatakan, UKW penting diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalitas wartawan.

Peningkatan profesionalitas wartawan akan berdampak pada peningkatkan kualitas informasi di media.

“Masyarakat informasi seperti saat ini memerlukan informasi yang berkualitas. Dalam usaha itulah, profesionalitas wartawan sangat diperlukan,” katanya.

UKW kerja sama UNNES dan PWI Jateng diikuti 14 wartawan dari berbagai media. Mereka akan mengikuti ujian selama dua hari, Jumat-Sabtu (23-24/2). Sebelum UKW, UNNES dan PWI juga menandatanganai nota kesepahaman untuk menjalin kerja sama di berbagai bidang

Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah Amir Machmud NS mengatakan, peningkatan profesionalitas wartawan terus dilakukan bersama berbagai mitra kerja.

“Unnes adalah perguruan tinggi pertama yang bermitra dengan PWI menyelenggarakan UKW. Bukan hanya pertama di Jawa Tengah, tapi tampaknya di Indonesia,” katanya.

Menurut Amir, wartawan profesional merupakan kebutuhan bersama. Sebagai organisasi profesi wartawan tertua, PWI berkomitmen meningkatkan profesionalitas anggotanya.

Melalui UKW, lanjut Amir, para jurnalis diuji bukan hanya keterampilan teknisnya, tetapi juga pemahaman dan penghayatannya terhadap etika profesi.

Upload by: Arief Setiawan